Senin, 21 Januari 2013

Shalat

Shalat, solat, sholat, worship, dsb. merupakan sebuah ritual ibadah dimana ritual ini dimaksudkan untuk menyembah kepada Tuhan yang maha esa pemilik langit dan bumi beserta isinya. Ketika bertemu dengan kata shalat, maka ritual menyembah ini masuk ke dalam Agama Islam.

Adapun tatacara shalat dalam agama Islam harus sesuai dengan tatacara yang diajarkan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan terakhir Tuhan semesta Alam. Shalat seperti di dalam surah al-'Ankabut memiliki keutamaan dibandingkan dengan ibadah-ibadah yang lainnya.

...dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). (Al-Ankabut: 45) 

Adapun Dalam shalat ada syarat dan rukun yang harus dipenuhi. akan tetapi pada dasarnya tidak memberatkan. mengingat ada shalat fardhu (wajib). Ibadah lima waktu wajib untuk dijalankan karena merupakan Perintah langsung dari Tuhan Semesta Alam di Sidratul Muntaha pada peristiwa Isra Mi'raj.

Berikut adalah syarat dan rukun yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

1. Syarat sah Selesai
2. Rukun Shalat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar